Rabu, 11 Februari 2009

KEMATIAN

Dalam buku-buku ilmiah, Kematian adalah akhir dari kehidupan, ketiadaan nyawa dalam organisme biologis. Semua makhluk hidup pada akhirnya mati secara permanen, baik dari penyebab alami seperti penyakit atau dari penyebab tidak alami seperti kecelakaan. Setelah kematian tubuh makhluk hidup mengalami pembusukan.

Kematian memiliki wajah yang menakutkan bagi sebagian besar orang bahkan kematian adalah “hantu” bagi kehidupan. Ada yang mengatakan hidup hanya sekali sehingga kesempatan ini harus dimanfaatkan dengan baik. Namun kata “baik” disini mengandung arti yang bermacam-macam, baik bisa berarti berbuat dan menikmati kehidupan dengan sepuas-puasnya “berenang” dalam lautan material dan kepuasan, namun “baik” juga bisa berarti diisi untuk hal-hal yang bermanfaat dan positif untuk cinta, kemanusiaan dan lain sebagainya.

Dalam hindu dikatakan kematian tak ubahnya seperti orang yg berganti pakaian,dan pitra yagna sebagai proses kembalinya Panca Maha Bhuta, serta cerminan bakti anak terhadap orang tua yang direalisasikan kedalam yadnya serta doa!

Namun para orang suci bijaksana mengatakan kematian adalah sesuatu yang pasti dan sangat sederhana. Suatu ketika seorang pertapa berjalan-jalan ditepi hutan dan ia pun berhenti mengamati sehelai daun pohon kering yang jatuh dari sebuah pohon besar dan terpikirlah oleh sang pertapa bahwa kematian seperti layaknya daun kering tadi, begitu sederhana dan pasti terjadi. Kematian sesungguhnya bukan hal yang menakutkan jika manusia mau menyadari arti kehidupannya dan untuk apa ia hidup.

Ibarat daun kering yang lepas dari pohon, ia telah selesai menjalankan tugasnya sebagai daun sebagai tempat menyimpan makanan bagi kehidupan pohon dan kemudian ia lepas “berguguran” menjalankan tugas yang lain sebagai pupuk yang menyuburkan tanah juga bermanfaat bagi tumbuhan.

Hal yang paling perlu yang harus kita lakukan adalah bagaimana kita memaknai kehidupan ini dengan penuh pengabdian “bhakti & karma” tanpa di “hantui” oleh bayangan yang menakutkan akan kematian kematian.