Sabtu, 26 Desember 2009

ISA UPANISAD X

Kitab upanisad dalam rentang waktu yang cukup lama. Tidak ada kepastian tentang jumlah kitab upanisad yang sesungguhnya. Dari catatan yang ada : Kitab Rg Veda memiliki 21 sakha, Yajur Veda memiliki 109 Sakha, Sama Veda memiliki 1.000 Sakha dan Atharva Veda memiliki 50 Sakha. Berdasarka jumlah Sakha itu, yaitu 1.180 buah, maka jumlah Kitab Upanisad seyogyanya 1.180 buah. Walaupun demikian secara tradisional telah diakui kepastiannya bahwa jumlah kitab upanisad itu adalah sebanyak 108 buah.

I “(Ketahui bahwa) semua ini, apapun yang bergerak di dunia yang bergerak, diliputi oleh Tuhan. Oleh karena itu temukan kebahagiaanmu di dalam renunsiasi; jangan menginginkan apa yang menjadi milik orang lain.” (ISA UPANISAD)

Anyad evahur vidyaya
Anyad ahur avidyaya,
Iti susruma dhiranam
Ye nas tad vicacaksire
[Sloka 10 Isa Upanisad]

Artinya:
Sesungguhnya dikatakan lainlah akibatnya untuk vidya,
lain pula dikatakan akibatnya untuk avidya,
demikian didengar dari yang Maha Mengetahui,
dijelaskan kepada kami.

Setiap orang mempunyai kewajiban untuk melakukan kerja dan usaha dalam kehidupannya. Hal ini dikarenakan manusia dan semua makhluk ciptaan dibelenggu dan diikat oleh lingkaran karma atau kerja. Bhagawan menciptakan segala makhluk beserta segala isinya tak terlepas dan lingkaran kerja atau karma.