Minggu, 21 Juni 2009

GAYATRI


Stuta maya varada vedamata pracodayantam pavamani dvijanam.Ayuh pranam prajam pasum kirtim dravinan brahmawarcasamMahyam dattwa vrajata brahmalokam.

Gayatri mantram yang diakhiri dengan kata pracodayat, adalah ibunya dari empat veda (Rgveda, Yayurveda, Samaveda, Atharwaveda) dan yang mensucikan semua dosa para dvija. Oleha karena itu saya selalu mengucapkan dan memuja mantram tersebut. Gayatri mantram ini memberikan umur panjang, prana dan keturunan yang baik, pelindung binatang, pemberi kemasyuran, pemberi kekayaan, dan memberi cahaya yang sempurna. Oh Tuhan berikanlah jalan moksa padaku.


OM BHUUR BHUVAH SVAH
TAT SAVITUR VARENYAM
BHARGO DEVASYA DHIIMAHI
DHIYO YO NAH PRACODAYAAT


OM

=

Para Brahman 'Tuhan yang Mahabesar'


BHUUR

=

Bhu loka 'alam fisik'. Ini juga menunjuk pada tubuh yang terbuat dari lima panca bhuta 'lima unsur'. Kelima unsur ini membentuk prakrti 'alam'.


BHUVAH

=

Bhuva loka 'alam pertengahan'. Bhuva juga merupakan prana sakti. Meskipun demikian prana sakti hanya dapat menghidupkan tubuh karena adanya prajnana.
Karena itulah, maka Weda menyatakan, "Prajnanam Brahma" 'Tuhan adalah kesadaran yang selalu utuh dan menyeluruh selamanya'.


SVAH

=

Swarga Loka 'surga tempat para dewa'
(Sanatana Sarathi, September 1995, hlm. 234)


TAT

=

Paramatma 'Tuhan atau Brahman'


SAVITUR

=

Itu atau Ia yang merupakan asal segala ciptaan ini


VARENYAM

=

patut disembah


BHARGO

=

sinar cahaya atau kecemerlangan spiritual, terang yang menganugerahkan kebijaksanaan


DEVASYA

=

kenyataan Tuhan


DHIIMAHI

=

kita bermeditasi


DHIYO

=

budi, intelek


YO

=

yang


NAH

=

kita


PRACODAYAAT

=

menerangi

Juga: DHIYO YO NAH PRACODAYAAT = Bangkitkan kemampuan wiweka-ku oh Tuhan, dan bimbinglah daku. (Gita Vahini)

Gayatri mempunyai tiga nama: Gayatri, Saavitri, Saraswati. Ketiganya ada dalam diri setiap manusia. Gayatri adalah penguasa indera. Saavitri adalah penguasa prana 'daya hidup atau tenaga hayati'. Saavitri menandakan kebenaran. Saraswati adalah aspek Tuhan yang menguasai kemampuan bicara. Ketiganya melambangkan kemurnian dalam pikiran, perkataan dan perbuatan (trikarana suddhi). (Gayatri, Saavitri, dan Saraswati akan bersemayam dalam diri manusia yang melaksanakan kemurnian serta keselarasan dalam pikiran, perkataan, serta perbuatannya).mantra Gayatri ditujukan kepada Tuhan yang imanen transenden (Tuhan yang berada dalam kesadaran segala makhluk dan segala sesuatu, tetapi juga melampaui sesuatu).Tuhan yang imanem dan transenden disebut Savita. Savita berarti 'yang merupakan asal segala sesuatu'.