Kamis, 26 November 2009

Ribuan Umat Hindu Siap Ikuti Upacara Penyembelihan 300 Ribu Hewan

Ribuan umat Hindu telah mendatangi sebuah desa di Nepal untuk mengikuti upacara pengorbanan ratusan ribu hewan. Lebih dari 300.000 hewan akan disembelih dalam upacara yang mengundang kecaman dan protes keras dari para aktivis penyayang hewan, termasuk aktris Prancis Briggitte Bardot.

Para pendeta Hindu tengah bersiap-siap untuk upacara tersebut. Dalam seremoni tersebut, lebih dari 15 ribu kerbau dan 300 ribu burung, kambing dan domba akan disembelih. Upacara ini akan dimulai pada Selasa, 24 November ini. Kabarnya ini akan menjadi ritual pengorbanan hewan terbesar di dunia.

Setiap lima tahun, Desa Bariyapur, dekat perbatasan selatan Nepal dengan India, mengadakan ritual agama ini. Upacara ini didedikasikan untuk Gadhimai, dewi kekuatan dalam agama Hindu di Nepal.

"Ribuan orang dari Nepal dan India sudah mulai berdatangan dan persiapan untuk festival ini berjalan cepat," tutur Mangal Chaudhary Tharu, pendeta utama di di Kuil Gadhimai.

"Rakyat punya keyakinan mendalam pada dewi dan mereka percaya bahwa mengorbankan hewan akan memberikan keberuntungan dan kemakmuran bagi keluarga mereka," imbuh Tharu, seperti dilansir kantor berita AFP, Selasa (24/11/2009).

Meski banyak dikecam, pemerintah Nepal menolak untuk memerintahkan penghentian upacara tersebut. Alasannya, ritual tersebut merupakan tradisi keagamaan yang telah berlangsung berabad-abad. Aparat polisi bersenjata telah dikerahkan untuk menjaga keamanan upacara.